Nebula Kalung BESAR

Nebula Kalung:
Dengan mutiara dari gas bercahaya

Asun-seperti napas terakhir bintang telah menarik perhatian astronom. Mereka menggunakan Hubble Space Telescope untuk melihat Nebula Kalung, disebut demikian karena kemiripannya dengan sepotong perhiasan berkilauan.

Nebula ini terdiri dari cincin terang, berukuran 12 triliun mil lebar dan dihiasi dengan mutiara gas bercahaya. Tujuannya adalah sisa-sisa bersinar dari bintang, biasa seperti Matahari, yang disebut nebula planet.

Apa arti sebuah nama?

bagian Nebula Kalung
BESAR

Kalung Nebula:
Pandangan zoomable


promo gambar untuk galeri nebula
BESAR

Sebuah galeri nebula
Nama nebula planet adalah keliru karena benda-benda ini tidak ada hubungannya dengan planet-planet. Mereka memperoleh nama mereka lebih dari 100 tahun yang lalu ketika para astronom melihat melalui kecil, teleskop mentah melihat mereka sebagai kompak, bulat, berwarna hijau benda yang tampak seperti planet Uranus.

Sebuah nebula planet terbentuk ketika sebuah bintang mati mengusir lapisan luarnya bahan ke ruang angkasa setelah kehabisan bahan bakar untuk mempertahankan reaksi nuklir di intinya. Matahari kita akan mengalami proses serupa, tetapi tidak selama 5 miliar tahun. Planetary nebula memudar secara bertahap selama puluhan ribu tahun. Sisa-sisa panas dari inti bintang akhirnya akan mendingin selama miliaran tahun sebagai white dwarf.

Akan keluar dalam gaya

Para astronom telah menggunakan Hubble untuk mengumpulkan berbagai macam kaya nebula planet. Banyak dari mereka, termasuk Eye Cat, Hourglass itu, Helix, dan Spirograph, memiliki nama yang menggambarkan bentuk mereka. Planetary nebula seperti kepingan salju: Tidak ada dua yang persis sama.

Beberapa ide menjelaskan beragam bentuk. Satu ide adalah bahwa beberapa bintang mengeluarkan materi mereka beberapa kali pada akhir hidup mereka. Ide lain adalah bahwa interaksi gravitasi dengan bintang pendamping di dua sistem bintang membuat beberapa bentuk yang rumit.

Bentuk yang unik adalah sebuah karya seni yang semua orang bisa menghargai.

0 komentar