Penyakit kanker sampai saat ini masih dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan. Namun, banyak ahli percaya kalau deteksi kanker lebih dini bisa meningkatkan peluang sembuh dan harapan hidup pasien.

Sayang, pada banyak kasus, penyakit ini baru terdeteksi ketika sudah stadium tinggi.

Dokter Shyam Aggarwal, ahli onkologi dari Sri Gangga Ram Hospital, India, mengungkap lima gejala kanker.

Seperti dilansir healthmeup.com, gejala awalnya mirip dengan penyakit biasa. Tapi, jika makin lama makin parah, jangan menganggapnya sepele, karena bisa jadi tanda awal kanker.
1. Berat badan turun drastis
Demam yang berlangsung lama, disertai penurunan berat badan drastis, tubuh lemas selama sekitar 3-4 minggu, bisa jadi tanda kanker.

Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi salah satu gejala awal kanker. Kondisi ini sering dikaitkan dengan kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.

2. Luka di mulut tak kunjung sembuh
Jika Anda memiliki sariawan atau plak putih di mulut yang tak sembuh-sembuh selama lebih dari tiga minggu, segera konsultasi ke dokter. Jika Anda merokok, sebaiknya segera berhenti. Ini mungkin berhubungan dengan iritasi konstan, yang dipicu sel kanker.
3. Darah dalam feses
Kembung, sakit perut, pendarahan dubur atau munculnya darah dalam feses bisa jadi pertanda kanker usus. Darah biasanya berwarna agak gelap, tapi ada juga yang segar. Llebih waspada jika terjadi perubahan pola buang air, seperti diare atau sembelit tanpa alasan jelas.
4. Batuk lama tanpa dahak
Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan batuk dan sesak napas, antara lain infeksi dan peradangan. Tetapi, dalam beberapa kasus, gejala ini mungkin jadi tanda kanker paru-paru.

Segera perikasakan diri ke dokter jika Anda mengalami batuk kering, tanpa dahak, apalagi kalau sampai berdarah, selama dua minggu tanpa henti.
5. Bercak putih di lidah dan dinding mulut
Kondisi ini juga dikenal sebagai lenkoplakia, yang mungkin berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan daerah pra-kanker yang disebabkan karena seringnya terjadi iritasi sering. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker. (pie)

1 komentar

  1. ulbaly adani // 9 Februari 2012 pukul 14.19  

    meeet.. slamet...
    berat badan gw naik terus gan...
    jadi....
    sorry ya, gw gak masuk....

    pertamax