NGC 3324 Star Formation RegionImager Wide Field pada teleskop MPG / ESO 2,2 meter di La Silla Observatory telah mengambil gambar daerah formasi bintang yang disebut NGC 3324. Radiasi kuat dari beberapa besar NGC 3324 itu, biru-putih bintang telah mengukir sebuah rongga di dalam lingkungan gas dan debu.
KREDIT: ESO
Melihat ukuran besar





Awan
tipis dari sebuah nebula yang jauh penuh dengan bintang yang baru lahir menerima suatu bentuk wajah seperti menakutkan diukir oleh angin bintang dalam foto baru tersentak oleh sebuah teleskop di Chile.

Ajang kelahiran bintang, yang disebut NGC 3324, penuh dengan bintang-bintang muda panas, radiasi ultraviolet yang membuat cahaya gas awan. Angin bintang dan radiasi dari bintang-bintang baru lahir juga telah menekan sebuah rongga di dalam lingkungan gas dan debu. Tepi dinding gas dan debu di bagian kanan di foto menyerupai profil dari wajah manusia, dengan punggung bukit di tengah yang terlihat seperti hidung.

Para astronom sering melampirkan nama panggilan untuk nebula berdasarkan bentuk dan kemiripan mereka di dunia. NGC 3324 kadang-kadang disebut nebula Gabriela Mistral, setelah memenangkan Hadiah Nobel penyair dari Chili, ESO kata para pejabat.

Gambar yang baru ditangkap oleh Wide Field Imager pada teleskop MPG / ESO 2,2 meter di European Southern Observatory (ESO) di La Silla Observatory di Chile Atacama Desert. [Lihat foto dan video dari nebula
seperti wajah]


Sumber : space.com

0 komentar