Kali ini saya ingin mengajak anda sedikit berjalan-jalan ke masa depan (bukan sebagai time traveler ^.^) melainkan dengan melihat berbagai design-design pesawat yang dibuat oleh NASA.

Seperti dimuat situs NASA, masing-masing desain pesawat yang dihasilkan tiga tim nampak beda, Namun, apapun desainnya, harus memenuhi kriteria yang dipatok NASA, yakni: tidak berisik, tidak mengeluarkan asap buangan, dan hemat bahan bakar.

Itu artinya, setiap pesawat harus menyeimbangkan semua teknologi canggih dan keramahan lingkungan. NASA juga mengharuskan pesawat masa depan bisa dioperasikan dengan aman dalam manajemen lalu lintas udara yang lebih modern di masa depan.

Syarat yang lain: masing-masing pesawat harus bisa terbang sekurang-kurangnya 85 persen dari kecepatan suara, bisa melintasi jarak setidaknya 7.000 mil, dan bisa mengangkut 50.000 sampai 100.000 pon muatan, penumpang ditambah kargo.

Selama sisa waktu yang telah ditetapkan, tim akan meneliti, menguji, dan melakukan simulasi. Juga membuang dan mempertahankan inovasi agar mereka bisa ke luar sebagai pemenang dalam sayembara NASA ini.

Dan ini adalah tiga design pesawat dari tiga perusahaan pesawat terbang

Tim Perusahaan Boeing


Saya melihat pesawat ini lebih mirip pesawat tempur dalam sebuah film (kebetulan saya pun lupa film itu ap ^.^) tapi yang pasti film tersebut menceritak pesawat tempur masa depan yang mirip dengan design di atas bahkan pesawat tersebut dikendalikan oleh computer. Dengan bentuk peswat yang melebar memungkinkan untuk mencapai keceptan yang lumayan mungkin.

Tim Northrop Grumman


Design yang ini menunjukan gabungan dua pesawat (kemungkinan besar sejenis boeing yang marak saat ini) tapi apakah mungkin mengangkut dua pesawat hanya dengan 2 mesin yang terlihat seperti gambar di atas? Pesawat airbus saja membutuhkan 4 mesin untuk mengangkatnya, jika memang bisa 2 mesin kemungkinan mesin tenaga yang besar, dan tentunya dengan suara yang besar pula. (hanya pandangan pribadi, dan pastinya masa depan lain dari sekarang ^.^)

Tim Lockheed Martin


Dan yang terakhir ini mirip dengan pesawat zaman karang namun yang mebedakan mungkin mesinnya, yang ini mesinnya terdapat pada bagian ekor pesawat bukan pada sayapnya dan anehnya cuma 1 mesin.






Gambar Bonus ^.^









Sumber : Nasa,Viva News

1 komentar

  1. Anonim // 9 Februari 2012 pukul 12.58  

    pertamax lagii....
    btw gw mimpi bgt bisa kerja di NASA gan...
    doain ya..