Banyak dari kita tentu memiliki kebiasaan untuk duduk bekerja berlama-lama di depan monitor pc, entah untuk bekerja atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing. Akibatnya, mata seringkali menjadi lelah dan kepala sering sakit. Kegiatan menatap monitor komputer dengan waktu yang lama sangat mempengaruhi kesehatan mata kita. Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dan sebagainya. Hal ini tentunya diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja.
Berikut ini adalah beberapa tips menghindari mata lelah, saat berada di depan monitor :

Gunakan pencahayaan ruang yang pas:


Cahaya dari sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan akan menyebabkan Ketegangan pada mata. Oleh karenanya tutup sumber cahaya matahari yang menyilaukan menggunakan tirai atau gorden. Jadi usahakan posisi monitor komputer berada di samping jendela tidak di depan atau belakangnya. Jika bekerja pada malam hari gunakan lampu neon biasa yang cukup untuk menerangi ruangan tempat anda bermain komputer.






Atur tampilan komputer:


Atur tingkat kecerahan layar jadi kurang lebih sama seperti kecerahan di sekitar tempat anda bermain komputer, Sesuaikan ukuran teks dan kontras untuk kenyamanan, terutama ketika membaca atau menulis dokumen panjang. Biasanya, warna font hitam pada background putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan.Perbaiki jarak pandang anda, jangan terlalu dekat dengan monitor karena akan berdampak buruk bagi kesehatan mata anda. Sesuikan rasa nyaman dengan kemampuan melihat anda dengan memeperbesar ukuran tulisan.



Gunakan kacamata pelindung: 


Bagi anda yang harus berhadapan dengan layar komputer dalam waktu yang tidak sebentar , gunakan kaca mata pelindung yang nyaman bagi anda. Atau kalau terasa mahal bisa juga dengan kaca mata hitam yang berlensa tipis. Dengan cara ini , setidaknya cahaya dari monitor tidak langsung mengenai mata anda tapi difilter dulu oleh lensa kacamata tersebut. Tips ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah pada indera penglihatan.

Berkedip dan lakukan pijatan lembut: 

Berkedip adalah cara paling gampang untuk membasahi bola mata anda Selain berkedip anda bisa memanjakan mata anda dengan cara memijat dengan kedua jari telunjuk pada alis mata perlahan menuju sudut tulang hidung dan melingkari bola mata. Lakukan gerakan ini sambil memejamkan mata.










Alihkan pandangan mata ke luar jendela:


Untuk mengurangi risiko melelahkan dan ketegangan pada mata karena terus-menerus berfokus pada layar Anda, cobalah sesekali melihat jauh dari komputer Anda setidaknya setiap 15 menit dan menatap sebuah objek yang jauh. Gunanya untuk menormalkan kembali rasio jarak penglihatan anda.







Jangan merokok: 


Selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru, merokok dapat menyebabkan rasa perih pada mata. Oleh karenanya sebaiknya anda tidak merokok saat bermain komputer . Bila mata anda terasa pedih, kering karena asap rokok silahkan mengompres mata  dengan kain atau handuk lembut yang dibasahi air hangat dan pejamkan mata barang sejenak.

 






Semoga bermanfaat dan lebih apik lagi dalam bekerja... ^_^

0 komentar