Sebuah asteroid kecil tentang ukuran rumah akan membuat satu lompatan kosmik oleh Bumi hari ini, tepat pada saat hari kabisat.

Asteroid baru ditemukan 2012 DS32 tidak menimbulkan kesempatan memukul planet kita, tapi akan membuat malam lulus untuk menandai hari istimewa untuk Bumi, para ilmuwan NASA mengatakan.

"Hari Leap Selamat asteroid kecil 2012 DS32 aman! Akan melewati Bumi pada 19:36 EST," astronom dengan program Tonton Asteroid NASA menulis dalam sebuah posting Twitter. Program Tonton Asteroid merupakan bagian dari kantor Obyek Dekat Bumi di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California


Asteroid 2012 DS32 adalah sekitar 61 kaki (sekitar 18,5 meter) dan masih akan cukup jauh dari Bumi ketika membuat pendekatan terdekatnya. Pada titik terdekat, asteroid itu akan memperbesar dalam waktu sekitar 446.000 mil (717.767 kilometer) dari planet, yang sedikit kurang dari dua kali jarak antara Bumi dan bulan. Jarak Bumi-Bulan rata-rata sekitar 238.000 mil (382.900 km).

Meskipun masih akan menjadi hari lompatan di Amerika Serikat selama terbang lintas asteroid, itu sudah akan 1 Maret di Eropa dan daerah lainnya lebih jauh ke timur karena zona waktu lokal mereka.

Hari kabisat hari 29 tambahan ditambahkan untuk bulan Februari setiap empat tahun untuk menjaga kalender Gregorian bulan dan hari-hari selaras dengan musim bumi. Setahun dengan hari kabisat dikenal sebagai tahun kabisat.

Ilmuwan NASA dan tim lain astronom rutin berburu batuan ruang angkasa seperti DS32 2012 sebagai bagian dari pencarian yang sedang berlangsung untuk asteroid berpotensi berbahaya yang dapat menimbulkan ancaman berdampak Bumi.

0 komentar