"Semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kita miliki, maka semakin besar peluang kita untuk sukses"
 
Sebagian pembaca mungkin sudah tidak asing lagi dengan karya fenomenal dari seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat Stephen R. Covey yang berjudul “7 Habits of Highly Effective People”. Buku yang merupakan best-seller ini mencoba melihat pola yang dilakukan oleh orang-orang sukses untuk menjadi apa yang disebut sebagai “highly effective people”. 
 
Berikut ini adalah 7 kebiasaan yang menurut Stephen Covey harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan:
 
Proaktif
Orang yang proaktif tidak bergantung terhadap lingkungan. Dengan menjadi proaktif berarti kita percaya bahwa perubahan baik akan terjadi karena kita memberikan aksi dan bukan menunggu agar keadaan lingkungan menguntungkan bagi kita.
 
Miliki tujuan yang jelas dan didasari oleh prinsip
Apa yang anda kerjakan harus dibimbing oleh suatu tujuan yang jelas. Tujuan tersebut hendaknya juga didasari oleh prinsip yang benar dan kuat.
 
Pandai memprioritaskan waktu
Gunakan sebagian besar waktu anda untuk hal-hal yang dapat mendukung anda mencapai tujuan. Fokus!
 
Mentalitas Win-Win 
Usahakan agar dalam situasi deal apapun, semua pihak merasa mendapatkan manfaat (win-win solutions). Jangan egois karena ini hanya akan menjadi bumerang dalam jangka panjang.
 
Empati
Miliki empati untuk  mengerti keadaan orang lain sebelum anda menuntut untuk dimengerti oleh orang lain.
 
Kerjasama
Kedepankan untuk bekerjasama dengan baik bersama orang lain. Ingat bahwa dalam banyak kasus, berpikir untuk berkolaborasi jauh lebih menguntungkan daripada berfokus hanya kepada kompetisi
 
Haus akan ilmu dan pengalaman
Bangun terus kapabilitas diri dengan ilmu dan pengalaman. Semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kita miliki, maka semakin besar peluang kita untuk sukses.
 
Siap untuk mengikuti prinsip-prinsip di atas sob?
Semoga admin dan readers isi otak loe termasuk orang2 yang sukses dan akan sukses.. ^_^

0 komentar