TAIPEI – Microsoft Corp. tengah membuat rancangan bagi sebuah perangkat jam tangan dengan layar sentuh, demikian keterangan sejumlah petinggi di perusahaan pemasok untuk Microsoft. Rencana yang tampaknya ditujukan untuk mengimbangi langkah pesaingnya seperti Apple yang juga tengah mengembangkan generasi baru produk komputasi.
European Pressphoto Agency
Microsoft diberitakan tengah merancang jam tangan pintar versinya sendiri dan akan  menggandeng rivalnya seperti Apple.
Menurut para sumber, tahun ini Microsoft telah meminta pemasoknya di Asia untuk mengirimkan komponen yang bisa digunakan untuk perangkat berbentuk jam tangan. Seorang sumber mengatakan ia bertemu dengan tim riset dan pengembangan di markas besar Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Namun masih belum jelas apakah Microsoft akan melangkah dengan proyek jam tangan ini, ujar mereka.
Microsoft menolak untuk mengomentari berita ini.
Sejumlah investor dan perusahaan teknologi besar beramai-ramai merancang gadget yang dapat dikenakan pada tubuh penggunanya, atau wearable gadget. Tren ini juga dipicu oleh berkembangnya sistem sensor dengan ukuran mini untuk mendeteksi suhu tubuh, lokasi geografi, dan perintah suara saat orang sedang bepergian.
“Kami melihat banyaknya permintaan untuk gadget yang dapat dikenakan pada tubuh karena ukuran smartphone terlalu besar untuk dibawa kemana-mana,” ujar analis RBS Wanli Wang. “Sebuah jam tangan pintar yang dapat terhubung ke smartphone dan perangkat elektronik lainnya tentu akan menarik minat para konsumen.”

Perusahaan riset Gartner memprediksi pasar wearable gadget akan menjadi industri senilai $ 10 miliar pada 2016.
Ini bukan pertama kalinya Microsoft menunjukkan minatnya dalam mengembangkan wearable gadget. Sepuluh tahun lalu Microsoft mengumumkan “Smart Watch” yang ditenagai oleh software perusahaan tersebut. Dengan membayar biaya berlangganan, pengguna Smart Watch dapat menerima berita, skor pertandingan olahraga, dan pesan singkat dari gelombang radio FM di pergelangan tangan mereka. Namun penjualan jam tersebut dihentikan pada 2008.
Menurut seorang petinggi dari perusahaan pemasok untuk Microsoft, untuk prototipe jam tangan tersebut, Microsoft telah memesan layar seukuran 1.5 inci dari pemasok komponennya.
Uji coba jam tangan komputer ini juga menegaskan ambisi Microsoft dalam ekspansi produk perangkat kerasnya. Oktober lalu, Microsoft meluncurkan komputer bergaya tablet, Surface. Microsoft juga tengah menyiapkan gadget  baru miliknya, seperti tablet berukuran 7-inci yang serupa dengan iPad Mini Apple, demikian keterangan sejumlah sumber.
Microsoft pun meneruskan uji coba smartphone buatannya, meski belum diketahui kapan produk tersebut akan mulai dijual, demikian menurut pemasok komponen Microsoft.

0 komentar